Tujuh Laga Gagal, Akhirnya Pelatih Timnas Malaysia Memilih Mundur

Diumukan jika kursi pelatih Timnas Malaysia membutuh pengganti karena dikabarkan sudah kosong. Hal itu terjadi setelah hasil keputusan mundur yang diambil oleh Nelo Vingada setelah meraih sebuah hasil buruk sejak awal menjabat sebagai pelatih hingga tujuh laga.

 

Nelo Vingada memang dipilih sebagai pelatih Malaysia pada 15 Juni 2017 yang lalu dan dipercayakan membangun Timnas Malaysia. Enam bulan dipercaya menjadi pelatih Harimau Malaya tersebut, ternyata tidak banyak perubahan yang signifikan diberikan oleh mantan pelatih Timnas Portugal itu.

 

Tercatat jika Vingada juga membawa Malaysia meraih rangkaian hasil buruk dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Malaysia selama di tangan Nelo Vingada tidak pernah menang dalam tujuh pertandingan uji coba terakhir. Enam laga Malaysia mengalami kekalahan dan sekali meraih hasil imbang saat jumpa Hongkong.

 

“Setelah berdiskusi dengan Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), HRH Major General Tunku Ismail Ibni Sultan Ibrahim, Putra Mahkota Johor, saya bertanggung jawab atas performa tim nasional,” buka Vingada di situs resmi FAM.

 

“Dengan penuh rasa tanggung jawab, saya mengumumkan bahwa saya mengundurkan diri dari tim nasional. Tunku Presiden sudah menerima keputusan ini,” sambungnya.

 

Hasil laga Malaysia bersama Nelo Vingada:

13/06/17 Malaysia 1 – 2 Lebanon

22/08/17 Malaysia 1 – 2 Syria

29/08/17 Myanmar 1 – 0 Malaysia

05/09/17 Malaysia 1 – 1 Hong Kong

10/10/17 Hong Kong 2 – 0 Malaysia

10/11/17 Korea Utara 4 – 1 Malaysia

13/11/17 Malaysia 1 – 4 Korea Utara

 

Hal itu tentu saja membuat Nelo Vingada tidak mundur sendiri . Akan tetapi dua orang asistennya,  Joao Arnaldo Correia De Carvalho dan Francisco Jose Bruto Da Costa, juga ikut mundur Bersama-sama. Terlihat keduanya selama ini masuk satu paket dengan Vingada.

 

Lalu kubu FAM sendiri menginfokan jika tidak ingin buru-buru dalam memilih pelatih baru pengganti Vingada. Dikarenakan, mereka baru akan kembali bermain pada bulan Maret saat jumpa Labanon di Kualifikasi Piala Asia dan untuk itu akan lebih banyak waktu untuk menyeleksi. Memang diakui jika Laga ini sudah tidak menentukan karena Malaysia sudah dipastikan akan gagal lolos ke putaran final.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *